20
Feb
09

“5 cm, BOOK TOUR – ONE SCHOOL, ONE WRITER”, JREENG JHENG!

“5 cm, BOOK TOUR – ONE SCHOOL, ONE WRITER”, JREENG JHENG!

Oleh : Donny Dhirgantoro

 

Jadi begini ceritanya,…

 

Sebenarnya kejadiannya absurd dan tak disangka. Jadi dulu setelah 5 cm terbit, mulailah saya yang hobi jalan jalan ini bertambah seneng  karena harus promosi’in 5 cm bareng  tim marketing 5 cm  kemana mana. Ditambah, tak disangka juga  bukunya laku. Jadilah saya sampai sekarang masih jalan kemana mana sampai tim marketing saya  cape sendiri, karena  hampir seluruh kota besar di Jawa (terutama tempat makannya) udah saya datengin. Ternyata jalan jalan dan makan makan  itu menyenangkan.

 

Dan pada suatu hari di Bandung, tepatnya di ITB, saya diundang untuk “Bedah Buku 5 cm”. Seperti biasa sambutannya antusias( ciee..). Tanpa saya sadari ternyata baru kali itu saya sadari,  (iyalah!). Banyak sekali pertanyaan selama saya bedah buku hampir di 30 kampus, acara eksibisi  dan sekolah sekolah. Dan inti pertanyaannya semuanya  hampir sama,  kira kira begini:

 

”Mas, sebenernya nerbitin buku atau novel itu gimana caranya yah?”

 

Baru di ITB , saat itu saya sadar, ternyata banyak juga temen temen yang berkeinginan kuat mau jadi penulis. Tak disangka.Ini pertanyaan selalu ada, dan saya baru sadar, memang sih otak saya agak agak punya penyakit  SMS ( short memory syndrome) alias bolot…

 

Jadi saya jawab deh seadanya…

Pertama saya nggak punya koneksi ke penerbit, bingung,  terus nelpon 108… salah sambung,  sampe jumpalitan, lari larian kesana kemari, duit abis,  nelpon gramedia, minta waktu ketemu,  sok pede , bla bla bla.. (nggak! temen temen nggak usah begitu, capek.. sumpah) karena… Cerita di Bandung tadi berlanjut..

 

Sehabis bedah buku di ITB itu , saya ngobrol ngobrol sama moderator saya tadi, namanya Adenita. Dengan malu malu bunga *nggak jelas* (karena dia ngefans sama saya), dia bilang: ” Mas saya punya tulisan?” bisa bantu ke penerbit?

 

Saya langsung jawab … ”Bisa banget!” Coba kamu ceritain sedikit!”

Dan diapun bercerita….tatatattatata…

Jadi Intinya… tentang perjuangan mahasiswa yang pengen bangat kuliah,ditentang, dan akhirnya dia kuliah dengan berhutang, dia hitung sendiri biaya kuliah

(termasuk buku, fotocopy, ongkos angkot, pulsa, pokoknya semuanya sampe recehan gocap gocap, cepe’, dia itung!!) dan ternyata setelah lulus hutangnya wow…..baca sendiri yah..kueweren..

 

Waaa !ternyata ide ceritanya bener bener orisinil dan keren. Sesampainya di Jakarta, langsung saya telfon editor saya di GRASINDO

”mas Bimo  ada cerita bagus mas..!”

 

Beberapa bulan yang lalu novel “ 9 Matahari” pun terbit, ditulis oleh Adenita.

 

Jadi maksudnya begini,:

PERTAMA kalo kamu punya ide cerita yang bagus, fresh, original,nggak boleh nyontek ya DOSA!  Kalo punya koneksi ( saat ini koneksi kamu  adalah saya- Donny Dhirgantoro-ehem!) jangan dikirim lewat pos. Kalo kamu mau   lewat saya aja. Karena…banyak sekali naskah tulisan  yang masuk ke penerbit

(beneran deh saya udah liat!)…kalo mau usaha sendiri boleh boleh aja tapi jangan dikirim ya usahain ketemu dan kamu marketingin tulisan kamu sendiri kenapa bagus..

KEDUA penerbit udah lelah (sampe curhat) baca bacain naskah yang isinya “begitu begitu aja” – kayak sinetron katanya …jadi…intinya penerbit juga mencari ide cerita yang bagus dan original … seperti si Adenita dengan 9 Mataharinya tadi.. .

KETIGA nah ketemu kan maksudnya…

Penerbit cari penulis

Penulis cari penerbit…

 

Oleh karena itu saya dan team Management 5 cm, sekarang sedang menggodok sebuah event ”5 cm BOOK TOUR – ONE SCHOOL , ONE WRITER rencananya kami akan berkeliling ke seluruh kampus dan sekolah sekolah. klab buku, toko buku untuk berkampanye dimana saja  – pokoknya sebuah  “sekolah”-  tempat kamu kamu belajar! Selain bedah buku 5 cm. Dengan beberapa narasumber lain, kami akan memberikan workshop singkat  tentang kiat kiat dan tips tips menulis yang extreme, yang berapi api, yang lain dari biasanya, masalah masalah yang dihadapi penulis dan tulisannya  dan seluk beluk dunia penerbitan sebuah buku. Dan tentu saja intinya mencari penulis penulis baru! Pokoknya kita akan berusaha  menjadikan sebuah mimpi menjadi kenyataan.  ”5 cm BOOK TOUR – ONE SCHOOL, ONE WRITER”, akan mencari penulis penulis dengan ide cerita yang gila, tetapi malu malu mau  kayak si ADENITA tadi ( *piss de!*)

 

Untuk updatenya, Saat ini eventnya masih dalam tahap proposal dan cari cari sponsor… Mimpi besarnya kalo dapet sponsor yang  akan back up sepenuhnya program ini ,kita akan kampanye  ke  seluruh Indonesia. Ditutup dengan “ Napak Tilas jalur 5 cm , Jakarta – Puncak  Mahameru”. ( wow thats big!) – BIG DREAMS! BIG FAITH. BIG FIGHT!

Sekalian minta doanya ya teman teman supaya lancar…Amin.

 

Nah…teman teman, punya ide tulisan yang bagus dan original, keren , fresh, atau GILA!?  Dukung kita! ” 5 cm BOOK TOUR – ONE SCHOOL, ONE WRITER”…  dengan meninggalkan saran/ balasan dan rekomendasi mengenai  kampus/sekolah/event/klab buku/toko/perpustaakan/komunitas (pokoknya tempat kamu kamu  belajar!)  yang bisa kami kunjungi di seluruh INDONESIA…

 

Di kampus/sekolah/event/ kamu mungkin?  Atau punya link ke sponsor (hehehe, bantuin dong!) Ayo. Asik kan! Saya jadinya bisa jalan jalan dan makan makan sama teman teman semua……hehehehe…

 

Dukung kami ”5 cm  BOOK TOUR – ONE SCHOOL, ONE WRITER!”

 

Dipersilahkan …tinggalkan balasan dan  rekomendasinya yaaa…

 

 

 

 

 

 

 

 


25 Responses to ““5 cm, BOOK TOUR – ONE SCHOOL, ONE WRITER”, JREENG JHENG!”


  1. 1 candra
    Februari 20, 2009 pukul 3:41 pm

    Ke jogja mas, ke Togamas, toko buku diskon jogja. ohya, Adenita, 9 Matahari, ada link blog nya ga mas?

  2. Februari 20, 2009 pukul 3:47 pm

    siiip… toga mas jogja
    adenita waduh lupa…
    thaks ya…
    ntar gue tanyain deh…
    ke FBnya aja.. adenita..

  3. 3 Adenita
    Februari 21, 2009 pukul 12:37 am

    Waaa…kereeeeen aja programnya! ayo-ayo yang punya naskah, manfaatkan ajang yang satu ini..
    Bandung : Klab Menulis Tobucil, Circle Writingnya Reading Lights, mana lagi ya? tar gw update deh Mas..

    buat Chandra : Hai Chan.. mampir2 aja ke blog Adenita di http://mataharikumataharimu.multiply.com/, tapiii.. ngisinya masih kurang rajin, hehehe

    Sukses ya Bro, buat program dan tentunya filmnya juga.. jangan lupa premierrr! hehe

  4. Februari 21, 2009 pukul 5:52 am

    yuk ke matahariku mataharimu….

  5. Februari 21, 2009 pukul 6:29 am

    Kampus Edith, mas… Universitas Islam Bandung (Unisba), Jl. Tamansari No. 1 Bandung.

    Keren banget event-nya, gw dukung 100%!!!

  6. 6 adai21
    Februari 21, 2009 pukul 10:17 am

    Ikut bantu nyebarin posting Don😀

  7. 9 candra
    Februari 22, 2009 pukul 4:01 am

    Adenita, makasih ya.sip, aq dah mampir ke blog mu. sukses ya..
    aq blm baca 9matahari, hehe… baru tau dr sini soalnya.
    ntar klo dah di jogja ah cari.
    mas donny, gmn perkembangan skenario nya?

  8. Februari 22, 2009 pukul 2:56 pm

    skenario udah draft ke 3 ..masih lanjuut…

  9. Februari 23, 2009 pukul 11:38 am

    Ikut napak tilasnya dunk.he.he.. Mas dony nanti pemeran 5cm nya.jngn muka2 sinetron ya..

  10. Februari 24, 2009 pukul 4:46 pm

    ke Brawijaya – Malang yook, ditunggu ^^

  11. Februari 27, 2009 pukul 2:01 pm

    Hallo, donny.. Thx udah baca review2-an 5 cm di blog saya. hadoh jadi maluuu….

    Trus soal endorsement buat cetak ulang, walah bukan boleh, tapi boleh banget, hihihi… Makasih ya don..sukses buat proyek film dan buku2 selanjutnya.

    Anyway, aku nulis email waktu itu, nyampe gak sih? Ke alamat email yg buat komen di blog. And again, thank you!🙂

  12. Maret 2, 2009 pukul 6:05 pm

    di palembang dimana y????

    kurang tau

    tp siap jd guide……. hehhe

  13. 15 Toekoel Arwana
    Maret 3, 2009 pukul 12:20 am

    mas donny, ini pertama kali saya nemu blog ini
    skalian mo nanya,mhn dijawab :

    1. tokoh2 di 5 cm itu rekayasa pa memang ada bener ( walau mungkin kisahnya g seperti di novel )?

    2. 5 cm mo diangkat jadi pelem ga?

    thx b 4 4 ur attention

  14. Maret 3, 2009 pukul 2:25 pm

    wah iya tuh mas..toga mas di jogja, seperti yang dikatakan mas Chandra..hehehe. ke Jogja mas kapan-kapan, buat workshop gitu..hihihi.
    btw, kemaren pertengahan februari juga di Semarang ada bedah bukunya mbak Adenita tentang buku 9 matahari itu. Sayang, nggak hadir..hihihihihi.

  15. Maret 3, 2009 pukul 6:00 pm

    wakakakk..
    buku 5 cm ini pas banget sayah baca waktu lagi males2nya bikin skripsi..
    dan abis baca buku ini, langsuung nyari lagu Queen yang “DON’T STOP ME NOW”
    hihi..

  16. 18 frozenmenye2
    Maret 4, 2009 pukul 3:05 am

    wah…asik…eventnya keren….ditunggu di jakarta……
    mas, blog-nya aku subscribe di reader-ku yah…

  17. Maret 5, 2009 pukul 12:39 pm

    @ frozen boleh boleh dipersilahkan..
    @ tika banget waa..don’t stop me now..the best!

  18. Maret 7, 2009 pukul 3:44 pm

    Teman-teman yang baik….

    Harapan management ingin menjangkau teman-teman dari semua daerah, mudah2an dengan kebaikan dari teman-teman semua, mau kasih info ke email management di 5cm.dreams@gmail.com untuk daerah yang bisa dikunjungi.

    Klo alasannya bagus dan cukup kuat, kita berharap eventnya dapat terlaksana di daerah teman-teman dan mas Donny bisa mengunjungi teman-teman di daerah kalian, karena dukungan teman-teman PENTING sekali utk terlaksananya BOOK TOUR- ONE SCHOOL , ONE WRITER !!! Yipiiiiiii!!!!!!

  19. Maret 17, 2009 pukul 10:50 pm

    Hmm, dapet endorsement dari ndorokakung, membuat saya singgah dan terhubung dengan seorang Donny.

    OOT : Mana nih tulisan barunya?

  20. 22 mitha
    Maret 23, 2009 pukul 5:29 pm

    ke SMAN 2 cimahi dunk… novel 5 cm keren banget.!!!
    q jg pengen nulis novel yang beda tapi bingung…
    sebenernya sih udah beberapa kali nyoba tapi hasilnya garing trus biasa-biasa aja.. standar deh pokonya mah.. hikz…

  21. Maret 25, 2009 pukul 5:19 pm

    wah mas nanti kalo saya ud punya naskah buku kita ketemuan yah….pengen banget nih terpampang di toko-toko buku terkemuka…. kalo kesekolah sekolah yang sifatnya sekolah internasional gmana tuh kan biar orang bule juga pada tau juga….

  22. April 5, 2009 pukul 7:12 am

    udah baca dua2nya…😀

  23. April 5, 2009 pukul 8:04 am

    misi…ini mampir pertama kali saya di blog 5 cm…
    5 cm bikin saya inget sama temen2 kuliah saya yang sampe sekarang juga masih nongkrong bareng. tokoh zafran tuh mirip saya banget hehehe…

    programnya keren nih bos…saya bukan penulis, tapi punya banyak ide cerita, meskipun belum ada yang jadi naskah😀


Tinggalkan Balasan

